ANALISIS KEBERHASILAN SEGMENTASI PASAR BANK TERHADAP NASABAH (STUDI KASUS pada BCA KCU MALANG, BANK MUAMALAT MALANG, dan BRI AGRO MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat keberhasilan dari segmentasi pasar yang telah ditentukan oleh bank untuk memperoleh nasabah. Pembentukan segmentasi pasar yang dilakukan oleh bank adalah berguna untuk mengurangi adanya persaingan antar bank. Penelitian yang menggunakan metode sample survey ini menggunakan uji anova, sehingga selain dapat melihat tingkat keberhasilan segmentasi bank, analisis ini juga dapat melihat segmentasi pasar mana yang paling berperan dalam menarik nasabah Bank Central Asia, Bank Muamalat, dan Bank Rakyat Indonesia Agroniaga. Hasil dari penelitian ini adalah ketiga bank berhasil mencapai segmentasi pasarnya masing – masing, dan terdapat perbedaan signifikan dari masing-masing segmentasi pasar BCA dan Bank Muamalat. Untuk BCA, segmentasi sistem pelayanan smart solution, sedangkan Bank Muamalat adalah priority on Moslem Customers. Lain halnya dengan BRI Agro yang di masing-masing segmentasinya mempunyai perbedaan yang tidak signifikan terhadap nasabahnya.
Kata Kunci : Segmentasi Pasar, Bank, Uji Anova
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.