Pengaruh Sex Appeal Advertising terhadap Purchase Decision dengan Brand Awareness sebagai variabel mediasi. ( Studi dalam video iklan rokok sampoerna hijau edisi “ sampoerna hijau panas” )

Tri Andika Nurman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peranan sebuah iklan di era globalisasi ini membuat seorang pemasar harus memiliki cara yang kreatif, efektif, dan efisien dalam membuat iklan untuk produknya. Peneliti ingin mencari bagaimana pengaruh sebuah iklan yang diberi unsur seksual atau biasa disebut sex appeal advertising terhadap pembentukan brand awareness dan purchase decision konsumen dengan brand awareness berperan sebagai pihak mediasi. Studi dilakukan pada salah satu video iklan rokok merek sampoerna dengan edisi “ sampoerna hijau panas”.

            Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research  dengan metode survey. Sampel berjumlah 150 responden dengan teknik pengamilan sampel purposive sampling. Metode analisis menggunakan PLS SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikian dan positif antara variabel sex appeal advertising dengan purchase decision. Variabel kedua antara variabel sex appeal advertising dengan purchase decision memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Hipotesa ke tiga antara brand awareness dengan purchase decision memiliki hasil yang positif dan signifikan. Hipotesa keempat brand awareness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan atau bisa menjadi pihak mediasi antara variabel sex appeal advertising dengan purchase decision.

 

Kata kunci : sex appeal advertising, brand awareness, purchase decision

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.