PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Danang Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan investasi (diukur menggunakan CAPBVA), keputusan pendanaan (diukur menggunakan DER), dan kebijakan dividen (diukur menggunakan DPR). Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan (diukur menggunakan Tobin’s q).
Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan tahun 2011 – 2015. Berdasarkan kriteria populasi yang ditetapkan, diperoleh jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria sebanyak 11 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah regresi linear berganda (multiple regression analysis).
Hasil penelitian menemukan bahwa keputusan investasi yang diukur menggunakan CAPBVA tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, keputusan pendanaan yang diukur menggunakan DER berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan dividen yang diukur menggunakan DPR berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, variabel terikat CAPBVA, DER, dan DPR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.