MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIS PADA PERUSAHAAN MEDIA RADIO INDEPENDENT DAN GROUP

Eldining Wahyu Finarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengambilan keputusan strategis yang dilakukan oleh perusahaan media radio di Kota Malang secara umum. Yang dilakukan pada perusahaan radio grup dan radio independent, untuk mengetahui persamaan dan perbedaan model pengambilan keputusan strategis di masing-masing radio dan menghasilkan model pengambilan keputusan strategis baru hasil dari perpaduan antara kedua radio untuk menghasilkan model pengambilan keputusan strategis yang lebih efektif. Penelitian ini termasuk kategori penelitian explorative, menurut Malhotra (2004) penelitian eksploratif bermaksut ingin menemukan faktor-faktor penyebab sesuatu itu terjadi, sifatnya meraba-raba masalah (rugi) dan peluangnya (untungnya). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder, primer yaitu data dari perusahaan dan sekunder data yang berasal dari internet, buku literatur, jurnal, penelitian terhadulu dan sumber lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara dan observasi dan dengan menggunakan metode analisis kualitatif.

Hasil dari penelitian ini yaitu model pengambilan keputusan strategis yang dilakukan oleh perusahaan radio independent dan group. Dan model pengambilan keputusan strategis pada perusahaan media radio berada di tahap perumusan strategi  dalam model menejemen strategis teori David (2011). Selain itu, ditemukan keunikan dalam proses pengambilan keputusan strategis pada perusahaan radio, yaitu semua karyawan pada perusahaan tersebut memiliki fungsi manajemen dan wewenang dalam proses pengambilan keputusan strategis. Jadi, seluruh karyawan pada perusahaan radio baik independent maupun group memiliki peran ganda, yaitu pengambil dan  pelaksana keputusan.

Kata kunci: Screening, Desain solusi, Keputusan strategis

                 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.