Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Virda Elite Collection Malang

Akbal Lizar, Achmad Sudiro

Abstract


Latar belakang penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kinerja karyawan CV. Virda Ellite Collection Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap variabel kinerja karyawan digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan.

Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 93 karyawan CV. Virda Ellite Collection Malang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sebagai responden penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linier berganda.

Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel kompensasi finansial (X1) dan kompensasi non finansial (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,375 (37,5%). Secara simultan dan parsial, kedua variabel yaitu kompensasi finansial (X1) dan kompensasi non finansial (X2) juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,001 dan 0,006.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kedua variabel kompensasi finansial dan kompensasi non finansial secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan CV. Virda Ellite Collection Malang.  Variabel kompensasi finansial (X1) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja karyawan CV. Virda Ellite Collection Malang.

Kata kunci : Kompensasi Finansial, Kompensasi Non Finansial, Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.