ANALISIS PENGARUH ROA, EPS, CR, DTA, DAN NPM TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2014)

Rhesa Faisal

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh variabel rasio keuangan berupa Return on Assets (ROA), Earning per Share (EPS), Current Ratio (CR), Debt to Total Assets (DTA), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan non perbankan, non keuangan, dan non properti yang terdaftar di indeks LQ45 dalam periode 2012 – 2014.Metode yang digunakan dalam mengolah data adalah analisis regresi berganda. Secara parsial, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel Earning per Share (EPS) saja yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel Return on Assets (ROA), Current Ratio (CR), Debt to Total Assets (DTA), dan Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan, semua variabel dalam penelitian berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Kemampuan prediksi dari kelima variabel tersebut secara simultan adalah sebesar 75,8%.

Kata kunci: Return on Assets (ROA), Earning per Share (EPS), Current Ratio (CR), Debt to Total Assets (DTA), Net Profit Margin (NPM), Harga Saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.