PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN (Studi Pada Perbankan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Khansa Shahibah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme Good Corporate Governance terhadap kinerja perbankan periode 2013-2015 yang diukur dengan ROA dan ROE. Sampel penelitian menggunakan 24 perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang menggunakan  GCG  dengan  total  data  observasi  sebanyak  72  data.  Mekanisme  Good Corporate Governance adalah Proporsi Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Komite Audit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan keberadaan mekanisme Proporsi Komisaris Independen, terbukti dapat meningkatkan kinerja keuangan perbankan baik diukur dengan ROA maupun ROE. Berdasarkan pengukuran ROA, peningkatan kinerja juga dapat terjadi dengan adanya penerapan mekanisme Kepemilikan Institusional, dan Komite Audit. Kepemilikan Manajerial juga dapat meningkatkan kinerja keuangan apabila diukur menggunakan ROE. Apabila diukur dengan ROA, Kepemilikan Manajerial tidak dapat meningkatkan kinerja keuangan sejalan dengan adanya penerapan Kepemilikan Institusional dan Komite Audit yang diukur dengan ROE.

Kata kunci : Good Corporate Governance, Komisaris Independen , Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, ROA, ROE


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.