PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DIMEDIASI OLEH MOTIVASI KERJA (STUDI PADA PERUM JASA TIRTA I MALANG BAGIAN LABORATORIUM KUALITAS AIR)

Nabella Tamara Maulani

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang bagian Laboratorium Kualitas Air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan terhadap motivasi kerja, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan, dan pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan dimediasi oleh motivasi kerja.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Sampel yang digunakan adalah 50 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh motivasi kerja karyawan pada Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang bagian Laboratorium Kualitas Air.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) pelatihan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, (2) motivasi kerja secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (3) pelatihan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (4) pelatihan berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan dimediasi oleh motivasi kerja.

Kata kunci: Pelatihan, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.