Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Auto 2000 A. Yani Surabaya

Vanny Triasvandha Dardevian, Dimas Hendrawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relationship Marketing berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap Loyalitas konsumen perseorangan dan untuk mengetahui salah satu diantara kedua variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research untuk mengkaji pengaruh variabel bebas yaitu kepercayaan(X1) komitmen (X2), komunikasi (X3), keuntungan bersama (X4) terhadap variabel terikat yaitu loyalitas konsumen (Y). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. Auto 2000 A. Yani Surabya dengan karakteristik khusus yaitu konsumen yang melakukan pembelian  lebih dari satu kali. Jumlah konsumen PT. Auto 2000 A. Yani Surabya yang memenuhi karakteristik adalah 459 orang. Teknik sampling yang digunakan adala probability sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji linearitas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis meliputi uji F, uji t, dan uji dominan.

Dari hasil analisis regresi berganda dapat diketahui pengaruh kepercayaan(X1) komitmen (X2), komunikasi (X3), keuntungan bersama (X4) terhadap variabel terikat yaitu secara simultan dan parsial terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis regresi berganda, diantara keempat variabel independen diketahui variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap loyalitas konsumen yaitu variabel komitmen (X2). Hal ini ditunjukkan dari hasil koefisien βeta terbesar yakni sebesar 0,386.

 

Kata Kunci : Relationship Marketing, Loyalitas Konsumen.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.