PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN (PERCEIVED USEFULNESS), PERSEPSI KEMUDAHAN (PERCEIVED EASE OF USE) TERHADAP NIAT PERILAKU (BEHAVIOURAL INTENTION) DALAM MENGAKSES CHANNEL YOUTUBE ENDANK SOEKAMTI DENGAN SIKAP PENGGUNAAN (ATTITUDE TOWARD USING) SEBAGAI MEDIASI

Gusti Agung Wirahutomo

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peranan sosial media yang menjadi salah satu media yang dapat membantu dalam hal mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen. Pada saat ini konsumen sangatlah pandai dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang diinginkan. Pemasar dituntut untuk lebih beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar dapat mempengaruhi niat perilaku (Behavioural Intention) konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan (perceived ease of use) terhadap niat perilaku (Behavioural Intention) melalui sikap penggunaan (attitude toward using). Studi dilakukan pada pengakses channel Youtube Endank Soekamti.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan metode survey. Sampel berjumlah 170 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Partial least Square (PLS). Uji instrumen penelitian meliputi uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Uji hipotesis langsung menggunakan t-test sedangkan hipotesis tidak langsung menggunakan uji sobel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan (perceived usefulness) dan persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude toward using). Sikap penggunaan (attitude toward using) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku (Behavioural Intention). Sedangkan melalui pengaruh tidak langsung, sikap penggunaan (attitude toward using) secara positif dan signifikan memediasi pengaruh persepsi kegunaan (perceived usefulness) dan persepsi kemudahan (perceived ease of use) terhadap niat perilaku (Behavioural Intention).

Kata Kunci : Persepsi Kegunaan (Perceived Usefulness),Persepsi Kemudahan (Perceived Ease of Use), Sikap penggunaan (Attitude Toward Using), Niat Perilaku (Behavioural Intention)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.