ANALISIS PENGARUH KONDISI MAKROEKONOMI TERHADAP PERFORMA BANK UMUM KONVENSIONAL DI INDONESIA (Studi Kasus Bank BUKU 4 periode 2009:1 hingga 2016:3)

Ajeng Pramadhaniar

Abstract


Kinerja bank dapat dipengaruhi oleh kondisi makroekonomi baik dalam negeri maupun luar negeri. Variabel kondisi makroekonomi dalam negeri antara lain inflasi, BI rate, impor, ekspor, sedangkan dari luar negeri antara lain FED rate, harga minyak mentah dunia, dan nilai tukar. Pengaruh kondisi makroekonomi terhadap kinerja bank dalam penelitian ini dilakukan secara simultan dan parsial dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan periode waktu kuartal pertama 2009 hingga kuartal ketiga 2016. Variabel kinerja bank dalam penelitian ini antara lain NIM, DPK, dan Penyaluran Kredit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel makroekonomi secara simultan berpengaruh pada seluruh variabel kinerja bank. Secara parsial, penyaluran kredit paling banyak dipengaruhi. BI rate berpengaruhi negatif pada NIM dan Penyaluran Kredit, namun berpengaruh positif pada DPK. Sedangkan inflasi, impor, FED rate dan nilai tukar berpengaruh positif pada kinerja bank. Harga minyak mentah dunia dan ekspor tidak mempengaruhi variabel indikator kinerja bank satu pun.

Kata kunci: makroekonomi, kinerja bank, bank umum konvensional BUKU 4, regresi linier berganda


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.