TELAAH PUSTAKA ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TRANSAKSI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Kasus PT.Bank Muamalat Tbk. Kota Malang)
Abstract
Perilaku konsumen adalah setiap pemakai atau pengguna barang atau jasa baik untuk kepentingan diri sendiri dan atau kepentingan orang lain. Namun secara sederhana dapat diartikan sebagai pengguna barang dan atau jasa. Konsumen dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Muamalat Tbk. Kota Malang dalam keputusan memilih jenis transaksi yaitu antara sistem transaksi menggunakan Teller, ATM, dan Mobile Banking. Perilaku konsumen memiliki dua faktor yaitu yang pertama adalah faktor internal meliputi kognisi konsumen dan afeksi konsumen, kemudian faktor yang kedua yaitu faktor eksternal meliputi lingkungan sosial mikro dan lingkungan sosial makro. Dari faktor-faktor tersebut maka adanya keputusan memilih sebuah transaksi yang meliputi mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli, dan tingkah laku pasca pembelian. Penelitian ini memiliki variabel-variabel yang diduga memiliki pengaruh terhadap keputusan memilih jenis transaksi menggunakan mobile banking, Variabel tersebut diantaranya adalah usia, pendidikan, kemudahan penggunaan, daya guna, kenyamanan, dan kepercayaan.
Kata Kunci: Perilaku Nasabah, Pemilihan Transaksi, Mobile Baking
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.