Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Financial Distress (Studi Pada Indeks LQ45 Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011)

Reno Furqon Kusumawardana, Siti Aisjah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan yang
terdiri dari lima rasio yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas, dan rasio pertumbuhan dalam memprediksi kondisi  financial distress pada Indeks LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Penelitian ini menggunakan 33 sampel dari populasi perusahaan-perusahaan yang masuk dalam LQ45. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji  heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian  menggunakan analisis regresi logistik menunjukkan bahwa variabel rasio likuiditas, profitabilitas, aktivitas, dan pertumbuhan mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan, variabel rasio solvabilitas/leverage mempunyai pengaruh positif dan signifikan. Rasio solvabilitas/leverage berpengaruh dominan terhadap kondisi financial distress.

Kata  Kunci :  Financial Distress,  Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas,  Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas, dan Rasio Pertumbuhan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.