PENGARUH TWITTER ACCOUNT @IniBaruHidup SEBAGAI SOCIAL MEDIA TERHADAP LOYALITAS MEREK NESCAFÉ INDONESIA

Satrio Mulyo Purnomo, Ikhtiara Kaideni Isharina

Abstract


Membangun dan mempertahankan loyalitas merek adalah salah satu hal penting bagi pemasar. Pemasar telah memanfaatkan berbagai cara untuk mempertahankan loyalitas merek pelanggan mereka. Salah satu cara yang saat ini digunakan adalah social media.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan serta parsial dari content yang relevan, kampanye yang memberi manfaat dan frekuensi diperbaharui sertacontent populer di Twitter sebagai social mediaterhadap loyalitas merek NESCAFÉ Indonesia.

Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda dengan 152 followers @IniBaruHidup sebagai responden.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Uji validitas dan reliabilitas digunakan dalam pengujian instrumen penelitian serta pengujian asumsi klasik berupa uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan uji multikolinearitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel content yang relevan (X1), kampanye yang memberi manfaat dan frekuensi diperbaharui (X2) serta content populer (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek  dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 33,3%. Variabel yang berpengaruh secara parsial adalah variabel kampanye yang memberi manfaat dan frekuensi diperbaharui (X2).

Manfaat dari social media salah satunya sebagai customer relationship management.Program untuk membangun loyalitas tidak hanya bisa mengandalkan satu alat saja yaitu social media (Twitter) tetapi perlu adanya integrasi dengan bauran promosi yang lain seperti: penjualan personal melalui wiraniaga, advertising di media konvensional (televisi, radio, dan majalah), promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan sponsorhip.

Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dapat melakukan uji kognitif untuk memastikan responden telah lama mengikuti @IniBaruHidup dengan memberikan pertanyaan mengenai kegiatan promosi yang dilakukan oleh NESCAFÉ. Selain itu, peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel independen yaitu: kepercayaan (trust), keamanan (security), kualitas dari pelayanan (quality of service), dan resiko yang disadari (perceived risk).

Kata Kunci: Twitter; social media; loyalitas merek

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.