ANALISIS PENGARUH FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertanian Yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014)

Saltig Agusnion Toraya Sambolinggi

Abstract


Tujuan utama investor adalah untuk memperoleh keuntungan yang besar dari investasinya. Agar tujuan tersebut tercapai, investor perlu menginvestasikan hartanya pada perusahaan yang memiliki manajemen kinerja yang baik. Untuk mengukur kinerja suatu perusahaan dapat digunakan beberapa rasio keuangan diantaranya menggunakan Current Ratio (CR), Debt to Equity ratio (DER), Return on Assets (ROA), Earning Per Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah CR, DER, ROA, EPS, dan PER berpengaruh secara parsial terhadap harga saham perusahaan di bidang Pertanian yang terdaftar di BEI periode 2010-2014.

 

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu sampel yang dipilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Berdasarkan kriteria maka diperoleh sampel sebanyak 7 perusahaan.

 

Hasil penelitian ini menunjukan EPS dan PER memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham sedangkan secara parsial rasio CR, ROA, dan DER tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci: Harga saham, Fundamental.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.