ANALISIS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus Pada Perusahaan-Perusahaan Pemenang Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) 2011)

Ayuardhini Puspita Adjie, Roe khudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan-perusahaan pemenang ISRA 2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Munculnya akuntansi sosial tidak terlepas dari kesadaran perusahaan terhadap kepentingan lain selain untuk memaksimalkan laba bagi perusahaan. Perusahaan menyadari bahwa mereka bersinggungan dengan berbagai masalah sosial, sehingga perusahaan mulai memperhatikan hubungan dengan lingkungan sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui focus pengungkapan indikator sustainability reporting perusahaan-perusahaan pemenang ISRA 2011. ISRA adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah membuat pelaporan atas kegiatan yang menyangkut aspek lingkungan dan sosial disamping aspek ekonomi untuk memelihara keberlanjutan perusahaan itu sendiri.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dari pertanggungjawaban sosial dan lingkungannya pada perusahaan pemenang ISRA 2011 pada umumnya berupa kegiatan dibidang pendidikan, kesehatan, pelayanan umum, serta pemeliharaan lingkungan. Selain itu perusahaan-perusahaan pemenang ISRA 2011 lebih memfokuskan pengungkapan pada indikator ekonomi.

 

Kata Kunci : Laporan Pembangunan Berkelanjutan, Tanggungjawab sosial perusahaan, Perusahaan Pemenang ISRA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.