PENGARUH KOMPENSASI TIDAK LANGSUNG (INDIRECT PAYMENT) TERHADAP LOYALITAS PEGAWAI KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA KEDIRI

M. Abdi Dzil Ikhram W, Misbahuddin Azzuhri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  kompensasi tidak langsung (indirect payment) terhadap loyalitas pegawai kantor perwakilan  Bank Indonesia Kediri. Kompensasi dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu kompensasi langsung (direct financial payment) dan kompensasi tidak langsung (indirect payment). Pengukuran kompensasi tidak langsung (indirect payment) pada penelitian ini berdasarkan pada variabel-variabel yaitu pembayaran on the job, perlindungan terhadap bahaya, program-program pelayanan, tunjangan yang disyaratkan legal, keamanan dan kesehatan pegawai. Jumlah populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 80 pegawai kantor perwakilan Bank Indonesia Kediri, selanjutnya peneliti mengunakan teknik simple random sampling dan jumlah sample dalam penelitian ini sejumlah 45 pegawai kantor perwakilan Bank Indonesia Kediri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel program-program pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pegawai kantor perwakilan Bank Indonesia Kediri. Sedangkan variabel pembayaran on the job, perlindungan terhadap bahaya, tunjangan yang disyaratkan legal, keamanan dan kesehatan pegawai tidak memiliki dampak signifikan terhadap loyalitas pegawai kantor perwakilan Bank Indonesia Kediri. Besarnya (R2) kelima variabel independen tersebut terhadap loyalitas pegawai kantor perwakilan Bank Indonesia Kediri adalah sebesar 40,5%, sedangkan sisanya yakni sebesar 59,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Loyalitas pegawai, pembayaran on the job, perlindungan terhadap bahaya, program-program pelayanan, tunjangan yang disyaratkan legal, keamanan dan kesehatan pegawai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.