ANALISIS PENGARUH EKSPOR, IMPOR DAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) PERIODE 1982-2016

FEBBY AYU SAFITRI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh faktor perdagangan internasional yaitu ekspor, impor dan Foreiegn Direct Investment (FDI) terhadap variabel dependennya yaitu pasar modal dengan menggunakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang diukur dengan metode Vector Auto Regression  (VAR)/Vector Error Correctian Model (VECM)   pada periode 1982-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik (http://bps.go.id), Internasional monetary Fund (http://data.imf.org), IDX (http://idx.co.id) periode tahun 1982-2016 yang dipublikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jangka panjang ekspor dan FDI mempunyai hubungan yang positif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sedangkan impor mempunyai hubungan yang negatif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Dalam jangka pendek ekspor mempunyai hubungan yang positif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), sedangkan impor mempunyai hubungan yang negatif, terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Foreign Direct Investment (FDI) tidak mempunyai hubungan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

 

Kata kunci: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Ekspor, Impor, Foreign Direct Investment (FDI), Vector Auto Regression (VAR)/Vector Error Correctian Model (VECM).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.