Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Rahman Concern

Andracipta Subandrio

Abstract


Peranan sumber daya manusia dalam mencapai tujuan serta memajukan  perusahaan sangatlah penting. Hal penting yang patut dicermati adalah mengenai kinerja karyawan yang berada di dalam perusahaan itu sendiri. Kinerja memiliki beberapa faktor penting yang mempengaruhi, salah satunya adalah motivasi. Motivasi mempengaruhi kinerja karyawan dan menghasilkan kinerja yang didasarkan oleh motivasi yang dimiliki. Motivasi yang tinggi akan menghasilkan kinerja yang baik dan optimal, sehingga suatu perusahaan seharusnya memiliki karyawan yang memiliki motivasi tinggi, sehingga berpengaruh positif pada kinerja yang dimiliki, terutama dalam hal ini adalah kinerja karyawan pada CV. Rahman Concern.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan teori Maslow sebagai dasar penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan teknik sensus terhadap 50 karyawan CV Rahman Concern. Data dikumpulkan melalui kuesioner, untuk selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi dan uji dominan.

Hasil analisis menunjukan bahwa : (1) motivasi kerja mempunyai pengaruh yang dominan dan signifikan terhadap kinerja karyawan CV Rahman Concern, terutama adalah kebutuhan  rasa aman, (2) variabel kebutuhan fisiologi, sosialisasi, penghargaan dan aktualisasi diri memiliki pengaruh positif akan tetapi tidak signifikan.

Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.