ANALISIS PENGARUH PDRB, JUMLAH PENDUDUK DAN JUMLAH INDUSTRI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK REKLAME TAHUN 2006-2015 (Studi Pada Malang Raya)

ANIK FATUL ROFIAH

Abstract


Pajak reklame merupakan salah satu jenis pajak yang berkontribusi terhadap penerimaan pajak daerah. Peningkatan pajak reklame akan berpengaruh terhadap penerimaan pajak daerah yang berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai salah satu tolok ukur mewujudkan  otonomi  daerah.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  pengaruh  PDRB, jumlah penduduk dan jumlah industri terhadap penerimaan pajak reklame tahun 2006-2015 (Studi Pada Malang Raya). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time-series periode tahun 2006-2015 dan data crosss-section Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Model estimasi yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan metode panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel PDRB dan jumlah industri secara uji  parsial  berpengaruh  signifikan  terhadap  penerimaan  pajak  reklame  di  Malang  Raya, sedangkan variabel jumlah penduduk tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak reklame di Malang Raya

 

Kata Kunci : PDRB, jumlah penduduk, jumlah industri, pajak reklame.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.