Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2015

MUHAMMAD KHOIRUL ROHMAN

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yang diukur melalui Return On Asset (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) serta karakteristik perusahaan yang diukur melalui Asset Growth (GROWTH) dan Investment Opportunity set (IOS) terhadap kebijakan dividen yang diukur dengan Dividen Payout Ratio (DPR).

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia selama periode 2005-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan dalam website resmi setiap Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2005-2014.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio dan Investment Opportunity set berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividen payout ratio, variabel return on asset berpengaruh negatif dan signifikan tehadap dividen payout ratio, sedangkan variabel Asset Growth tidak berpengaruh terhadap dividen payout ratio.

Kata kunci : Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Asset Growth (GROWTH),  Investment Opportunity Set (IOS), Dividen Payout Ratio (DPR).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.