ANALISIS POTENSI FINANCIAL DISTRESS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL X-SCORE ZMIJEWSKI PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2011-2015

Ninggar Resti Cahyani

Abstract


Perusahaan pembiayaan ialah salah satu sub sektor lembaga keuangan non bank yang turut mendukung perekonomian nasional sebagai salah satu sumber pembiayaan alternatif bagi masyarakat maupun perusahaan. Persaingan yang semakin ketat dan faktor ekonomi makro yang sulit dikendalikan dapat mempengaruhi kinerja perusahaan pembiayaan yang dikhawatirkan akan membuat potensi terjadinya financial distress semakin besar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perusahaan pembiayaan mana saja yang memiliki indikasi financial distress.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan kondisi saat ini perusahaan dengan melibatkan perhitungan angka. Studi dilakukan pada perusahaan yang telah go public terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 perusahaan pembiayaan.

Penelitian dibatasi hanya pada variabel dalam model X-Score Zmijewski, yaitu Return On Assets (ROA), debt to total assets, dan current ratio. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 12 perusahaan pembiayaan terdapat 3 perusahaan yang memiliki indikasi financial distress dan termasuk dalam kategori rawan. Rata-rata perusahaan yang mengalami financial distress ialah perusahaan dengan debt ratio yang tinggi serta profitabilitas yang rendah.

 

Kata Kunci: Financial Distress, Model X-Score Zmijewski, ROA, Debt To Total Assets, Current Ratio.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.