Pengaruh Beban Pemasaran, Usia Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2015)

Revi Permata Lestari

Abstract


Perusahaan sub sektor food and beverages menjadi industri unggulan di sektor industri non- migas dengan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) yang selalu meningkat. Kontribusi dominan industri food and beverages menjadikan industri ini sebagai industri strategis dalam perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial beban pemasaran, usia perusahaan, ukuran perusahaan dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas yang diukur menggunkaan Operating Margin Ratio. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2013- 2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 13 perusahaan food and beverages. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi berganda, diketahui bahwa beban pemasaran berpengaruh signifikan positif terhadap operating margin ratio. Usia perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap operating margin ratio Ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap operating margin ratio, serta perputaran persediaan berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap operating margin ratio.

Kata Kunci: beban pemasaran, usia perusahaan, ukuran perusahaan, perputaran persediaan, operating margin ratio.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.