Pengaruh Service Quality Terhadap Revisit Intention Dengan Satisfactin Sebagai Mediasi (Studi Pada Pengunjung Tempat Wisata Banyu Biru di Kabupaten Magetan)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta menjelaskan keterkaitan hubungan antara pengaruh service quality terhadap revisit intention dengan satisfaction sebagai mediasi pada pengunjung di tempat wisata Banyu Biru Magetan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan explanatory research. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran observasi, kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. yang diterapkan pada 120 responden. Analisa data dalam pengujian instrumen dibantu dengan menggunakan sofwere smartPLS versi 3.0 melalui tahapan analisis outer model, inner model dan pengujian hipotesis (uji-t). Dimana pengujian hipotesis secara langsung menggunakan t-test sedangkan untuk pengujian tidak langsung dibantu dengan perhitungan uji sobel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa service quality berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap revisit intention, terdapat pula pengaruh signifikan dan positif pada service quality terhadap satisfaction, hasil pengujian juga mengidentifikasi adanya pengaruh satisfaction terhadap revisit intention, serta satisfaction mampu memediasi pengaruh service quality terhadap revisit intention pengunjung yang melakukan kunjungan pada tempat wisata Banyu Biru di Kabupaten Magetan.
Kata kunci : service quality, revisit intention dan satisfaction.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.