PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM SEBLAK SEUHAH MALANG

Lucky Himmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi internal dan eksternal UMKM Seblak Seuhah guna menentukan strategi apa yang tepat bagi UMKM Seblak Seuhah dalam mengembangkan usahanya melalui manajemen strategi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Analisis kualitatif merupakan analisis dengan data bukan angka. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis EFE & IFE, analisis matriks IE, dan analisis QSPM.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di UMKM Seblak Seuhah yang beralamat di Jalan Cengkeh Nomor 11 D kelurahan Jatimulyo kecamatan Lowokwaru Kota Malang. UMKM Seblak Seuhah didirikan karena Malang memiliki potensi yang besar untuk mengenalkan Seblak, makanan khas daerah bandung. UMKM Seblak Seuhah merupakan pelopor makanan Seblak di Malang karena pada saat UMKM Seblak Seuhah berdiri belum terdapat penjual makanan Seblak.

UMKM Seblak Seuhah memiliki potensi besar untuk tumbuh dan berkembang. Potensi UMKM Seblak Seuhah ditunjukkan oleh aspek kekuatan internal serta peluang eksternal. UMKM Seblak Seuhah dapat melaksanakan strategi intensif untuk mengembangkan usahanya yang ada saat ini dengan melakukan upaya yang lebih intensif.

Kata Kunci : Manajemen strategi, Strategi intensif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.