PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN ELPIJI BRIGHT GAS DI KOTA SURABAYA)

Sheptian Duwi Gusdianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand equity yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian konsumen elpiji Bright Gas di Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal diantara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa yang telah dirumuskan. Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan konsumen elpiji Bright Gas di Kota Surabaya dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner, studi perpustakaan dan browsing. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji t. Untuk mendapatkan koefisien beta dan mengetahui pengaruh antar variabel, analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa hanya variabel perceived quality dan brand loyalty yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen elpiji Bright Gas di Kota Surabaya. Sedangkan variabel brand awareness dan brand association tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen elpiji Bright Gas.

Kata Kunci: Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.