AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. ALIVIA JAYA MAKMUR

Andrean Valentino

Abstract


Audit Manajemen atas fungsi sumber daya manusia pada PT. Alivia Jaya Makmur bertujuan untuk mengetahui efektivitas fungsi sumber daya manusia pada PT. Alivia Jaya Makmur dan mengidentifikasi kelemahan apa saja yang ditemukan serta memberikan rekomendasi perbaikan atas kelemahan-kelemahan tersebut untuk mencapai efektivitas fungsi sumber daya manusia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Proses analisis data mengguanakan metode kualitatif dengan membandingkan tiga elemen dalam audit manajemen yaitu criteria, causes, dan effect untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan manajemen dalam mengelola sumber daya manusia yang ada.

       Batasan masalah dalam penelitian ini adalah penilaian efektivitas pada fungsi sumber daya manusia yang diselenggarakan oleh PT. Alivia Jaya Makmur yaitu: (1) perencanaan sumber daya manusia (2) penarikan tenaga kerja (3) seleksi tenaga kerja (4) orientasi dan penempatan tenaga kerja (5) pelatihan dan pengembangan tenaga kerja (6) penilaian prestasi kerja (7) pemberian kompensasi (8) perencanaan karir (9) perlindungan tenaga kerja (10) pemeliharaan hubungan dengan karyawan (11) pemutusan hubungan kerja.

       Berdasarkan penelitian secara garis besar fungsi-fungsi tersebut sudah berjalan efektif. Fungsi yang berjalan efektif antara lain fungsi perencanaan SDM, pemberian kompensasi, perencanaan karir, pelatihan dan pengembangan tenga kerja, perlindungan tenaga kerja, dan pemutusan hubungan kerja. Sedangkan fungsi yang tidak efektif antara lain perekrutan SDM, seleksi tenga kerja, orientasi dan penempatan tenaga kerja, penilaian prestasi kerja, serta pemeliharaan hubungan dengan karyawan. Berdasarkan kelemahan yang ditemukan dalam fungsi sumber daya manusia PT. Alivia Jaya Makmur, maka penulis memberikan beberapa rekomendasi dana alternatif perbaikan untuk dijadikan pertimbangan dan sebagai umpan balik dalam pengelolaan manajemen sumber daya manusia dimasa yang akan dating.

 

Kata Kunci: Audit Manajemen, Efektivitas, Fungsi Sumber Daya Manusia, criteria, causes, effect, rekomendasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.