ANALISIS DAYA SAING EKSPOR KOMODITAS UDANG INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT DAN JEPANG

Rizki Yaman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor komoditas udang Indonesia di negara Amerika Serikat dan Jepang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Constant Market Share. Periode penelitian ini dilakukan pada periode 2008-2015. Hasil dari penelitian ini, nilai Revealed Comparative Advantage (RCA) memiliki nilai lebih dari 1 hal itu menyimpulkan bahwa negara Amerika Serikat dan Jepang memiliki keunnggulan komparatif. Sementara Hasil dari Constant Market Share (CMS), efek dari komposisi komoditas memiliki pengaruh yang negatif distribusi pasar juga memberi pengaruh yang negatif, sedangkan efek daya saing memiliki pengaruh yang positif. Hal-hal yang diperhatikan pemerintah untuk meningkatkan daya saing ekspor komoditas udang adalah mudahnya akses ketersediaan bibit unggul, permodalan bagi petani tambak perlu pengkajian ulang serta perlu adanya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengelolaan limbah untuk menjadikan udang Indonesia memiliki kualitas yang terbaik.

Kata kunci: Daya Saing, Ekspor, RCA (Revealed Comparative Advantage), CMS (Constant Market Share)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.