PERENCANAAN STRATEGI DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN PADA PT. PANDU SIWI SENTOSA (PANDU LOGISTICS) MALANG

Mohammad Arif Rakhman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perencanaan strategi dengan pendekatan Blue Ocean Strategy pada jasa pengiriman Pandu Logistics. Dalam penelitian ini mendeskripsikan visi, dan misi, menganalisis lingkungan eksternal maupun internal. Variabel analisa lingkungan eksternal yang dilakukan adalah faktor ekonomi, sosial budaya, dan teknologi, sedangkan analisis lingkungan internal melalui pendekatan fungsional yang melandasi perumusan strategi (Pemasaran, Operasional, dan Sumber Daya Manusia) serta mengetahui bagaimana penerapan strategic planning yang didasarkan pada analisa kerangka kerja empat langkah dan enam prinsip blue ocean strategy pada Pandu Logistics.

Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif eksploratif (explorative descriptive research) dengan pendekatan studi kasus (case study). Data diperoleh melalui teknik triangulasi yakni penggabungan beberapa metode pengumpulan data, yakni wawancara kepada pihak Pandu Logistics (internal), serta dokumentasi beberapa surat kabar, jurnal, buku, dan artikel (eksternal). Teknik analisa yang digunakan adalah analisa kualitatif (naratif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategic planning dilakukan dengan mengetahui gambaran perusahaan (visi dan misi Pandu Logistics) serta dengan memanfaatkan peluang dan kesempatan yang dimiliki perusahaan, sehingga perusahaan dapat menerapkan inovasi nilai melalui kerangka kerja empat langkah H-K-T-C (hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan).

Pandu Logistics menghapus dan mengurangi faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan serta kepuasan konsumen. Upaya peningkatan yang dilakukan oleh Pandu Logistics adalah meningkatkan promosi, pelayanan, kualitas SDM, serta fasilitas yang ada. Hasil dari kerangka kerja ini memunculkan metode baru yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap jasa pengiriman Pandu Logistics.

Dalam upaya memasuki Blue Ocean Strategy, Pandu Logistics telah menerapkan enam prinsip Blue Ocean Strategy yang mendorong pelaksanaan strategi BOS. yakni: (1) Merekonstruksi batasan pasar, (2) Fokus gambaran besar, bukan pada angka, (3) Menjangkau pasar hingga tingkat non-konsumen, (4) Menjalankan rangkaian strategis secara benar, (5) Mengatasi rintangan organisasi, dan (6) Menjalankan eksekusi strategi. Dijalankannya Strategic Planing dengan pendekatan BOS, diharapkan kedepannya Pandu Logistics dapat semakin berkembang baik di lingkup lokal, maupun global (nasional internasional) sesuai dengan Visi Pandu Logistics.

Kata Kunci: Strategic Planning, Blue Ocean Strategy, Pandu Logistics


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.