Pengaruh Store Atmosphere dan Salesperson Behavior Terhadap Customer Satisfaction Pada Starbucks Coffee Malang City Point

Muhamad Reza Fauzi

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan salesperson behavior terhadap customer satisfaction pada Starbucks Coffee Malang City Point. Store atmosphere dan salesperson behavior merupakan keunggulan kompetitif yang menjadi salah satu kunci bagi Starbucks Coffee Malang City Point untuk tetap menjaga eksistensi nya di industri coffee shop. Variabel salesperson behavior sendiri merupakan kebaruan dalam penelitian ini, sehingga menarik untuk diteliti dan dilihat pengaruh nya terhadap customer satisfaction. Jenis penelitian ini adalah explanaratory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis.

Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 250 responden konsumen Starbucks Coffee Malang City Point. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan dibantu oleh software SPSS 21 untuk memudahkan penelitian.

Dari hasil pengujian terhadap hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel store atmosphere berpengaruh positif terhadap customer satisfaction konsumen Starbucks Coffee Malang City Point dengan indikator desain bangunan dan aroma sebagai indikator yang mendapatkan rataan niali tertinggi. Variabel salesperson behavior berpengaruh positif terhadap customer satisfaction konsumen Starbucks Coffee Malang City Point dengan listening behavior sebagai indikator yang mendapatkan niai rataan teringgi. Dari pengujian hipotesis juga didapatkan bahwa variabel salesperson behavior berengaruh dominan terhadap customer satisfaction. Kemudian dilihat dari nilai kontribusi nya menunjukkan bahwa store atmosphere dan salesperson behavior memiliki pengaruh cukup besar terhadap customer satisfaction pada starbucks coffee Malang city point disamping variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

KATA KUNCI: Strore Atmosphere, Salesperson Behavior, Customer Satisfaction


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.