Penggunaan Storytelling Dalam Iklan LINE Webtoon Pada Sikap Pengguna

Wahyuni Stya Budi Rahayu

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penggunaan storytelling dalam iklan LINE Webtoon pada sikap pengguna LINE Webtoon. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah storytelling, iklan dan sikap pengguna. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 (enam) narasumber. Pemilihan narasumber dilihat dari keaktifan mereka dalam menggunakan LINE Webtoon dan berapa lama telah menggunakannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode analisis data model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan storytelling dalam iklan LINE Webtoon berhasil mempengaruhi sikap pengguna terhadap LINE Webtoon. Sikap pengguna dipengaruhi dengan penggunaan storytelling yang relevan dengan kehidupan para pengguna yang mayoritas pada usia remaja, sehingga berhasil menciptakan ikatan emosional dengan pengguna. Selain itu, juga mampu membangun ingatan pengguna mengenai LINE Webtoon, sehingga mengubah sikap mereka menjadi lebih sering menggunakan LINE Webtoon dimana saja dan kapan saja.

Kata Kunci: Storytelling, Iklan, Sikap Pengguna.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.