Pengaruh City Branding, City Image, dan Reference Group Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Wisatawan Di Kota Batu

Yosi Herlian Duwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh city branding, city image, dan reference group terhadap keputusan berkunjung kembali dan untuk mengetahui mana dari ketiga variabel tersebut yang memiliki pengaruh paling dominan. Penelitian dilakukan terhadap wisatawan yang telah melakukan kunjungan minimal dua kali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Pengambilan  data  dilakukan  secara  langsung  di Kota  Batu  dengan  menggunakan kuesioner (survey). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Tidak terdapat pengaruh signifikan variabel city branding (X1) terhadap keputusan berkunjung kembali (Y). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel city image (X2) terhadap keputusan berkunjung kembali (Y). 3) Terdapat  pengaruh positif  dan  signifikan  variabel  reference  group  (X3)  terhadap keputusan berkunjung kembali (Y). 4) variabel reference group (X3) memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan berkunjung kembali (Y). Hasil penelitian ini menyatakan  bahwa  ke  tiga  variabel  bebas  (city  branding,  city  image,  dan  reference group) memberikan kontribusi terhadap variabel terikat (keputusan berkunjung kembali) sebesar 36,6%.

Kata kunci: city branding, city image, reference group, keputusan berukunjung kembali, Kota Batu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.