ALTERNATIF LAYOUT ALFAMART DI JALAN RAYA GENTING MELALUI PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS

Andrew Sheridan Tappo

Abstract


Perilaku konsumen adalah hal yang perlu dipahami oleh perusahaan karena keberlangsungan perusahaan untuk dapat terus memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan konsumen itu tergantung pada perilaku konsumennya. Pemahaman mengenai perilaku konsumen juga dapat digunakan dalam usaha ritel untuk menyusun tata letak rak didalam toko sehingga dapat memudahkan dan memberi kenyamanan bagi konsumen dalam melakukan pembelian. Hal ini yang diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan, baik dalam bentuk profit maupun keunggulan bersaing. Penelitian ini dilakukan dalam upaya memberikan alternatif tata letak toko retail berdasarkan perilaku belanja konsumen dengan menggunakan metode Market Basket Analysis (MBA) dan tools Activity Relationship Chart (ARC). MBA bertujuan untuk menentukan departemen apa saja yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen dengan menentukan asosiasi antar departemen yang diletakkan dalam keranjang belanja. MBA adalah salah satu penerapan Association Rule dengan tiga macam ukuran, yaitu support (tingkat dominasi faktor), confidence (tingkat kedekatan faktor) dan improvement ratio / lift (validasi kedekatan faktor). Selain menggunakan MBA, penelitian ini juga menggunakan metode ARC untuk mengetahui kedekatan departemen secara kualitatif. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan MBA dan ARC didapatkan satu alternatif layout. Pada alternatif layout, beberapa departemen harus dipindah dari posisi sebelumnya. Departemen-departemen yang sebaiknya dipindah diantaranya departemen bahan pengharum dan pembersih, selai dan roti, dan departemen lainnya.

Kata kunci: Perilaku konsumen, Layout, Market basket analysis, Support, Confidence, Improvement Ratio / Lift, Activity relationship chart


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.