PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN WORK OVERLOAD TERHADAP JOB STRESS PADA KARYAWAN PT BAHARI UTAMA KARYA

Boaz Yegar Sahaduta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta work overload terhadap job stress pada karyawan PT Bahari Utama Karya. Rancangan penelitian menggunakan  metode  kuantitatif kausal untuk mencari pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 orang karyawan bagian lapangan, dimana teknik total sampling atau sampling jenuh yaitu mengambil seluruh anggota populasi menjadi sampel penelitian. analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variable work overload dan kepuasaan kerja cukup tepat karena mampu menjelaskan variabel stress kerja dibandingkan dengan pengaruh variabel diluar model atau error terhadap stress kerja. Variabel independen work overload dan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) memiliki pengaruh yang tinggi terhadap variabel dependen job stress 2) variabel work overload memiliki pengaruh terhadap job stress.  Hal ini menunjukkan bahwa bahwa semakin tinggi work overload yang diberikan kepada karyawan PT. Bahari Utama Karya maka semakin tinggi juga job stress yang ditunjukkan. 3) Hasil penelitian menunjukkan jika variabel keselamatan dan kesehatan kerja memiliki pengaruh yang sangat dominan terhadap job stress. Hal ini dikarenakan dengan adanya keselamatan dan kesehatan kerja karyawan merasa aman, namun keselamatan dan kesehatan kerja yang disediakan oleh perusahaan tidak sepenuhnya digunakan dan ditaati oleh karyawan sehingga membuat pengaruhnya  tidak signifikan

Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan,  Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti dengan variabel-variabel lain dan meneliti ulang terkait dengan K3 pada lokasi yang berbeda dan dapat menujukkan hasil yang lebih signifikan terhadap job stress aau temuan baru terkait hal tersebut, dan jika ada tambahan jam kerja maka karyawan harus diberikan upah tambahan yang sesuai dengan kinerja jam dan jam kerja sehingga karyawan tidak mengalami stress kerja.

Kata Kunci: Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) , Work Overload , Job Stress


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.