Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi Pada Konsumen Produk “Bali Ratih” di Kota Malang

Claudia Khairunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik segmen pasar produk Bali Ratih serta menemukan segmen pasar yang tepat untuk menjadi target pasar produk Bali Ratih di kota Malang. Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif yang mengukur suatu fenomena sosial tertentu tetapi tanpa melakukan pengujian hipotesa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari populasi konsumen produk Bali Ratih di kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu, konsumen berusia 17 tahun keatas, minimal pernah 1 kali melakukan pembelian produk Bali Ratih, dan berdomisili di kota Malang. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini beupa uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis cluster metode K-Means. Dari hasil pengujian disimpulkan segmen pasar produk Bali Ratih di kota Malang dapat dibagi ke dalam 4 kelompok segmen. Segmen 1 dengan nama Hard Worker Lady, Segmen 2 dengan nama Beauty Addict, Segmen 3 dengan nama Enthusiastic Girl, dan Segmen 4 dengan nama Man with Best Appearance. Segmen yang dinilai paling tepat untuk menjadi target pasar produk Bali Ratih adalah segmen Beauty Addict.

Kata kunci: Segmentasi, Psikografi, Activity, Interest, Opinion


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.