PENGARUH PERCEIVED VALUE, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Pada Konsumen iPhone di Kota Malang)

Fanny Gilang Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Perceived Value, Citra Merek, dan Gaya Hidup Terhadap Loyalitas Konsumen Iphone di Kota Malang, dilakukan dengan Uji Parsial. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 210 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menentukan besarnya hubungan dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan model analisis regresi linier berganda, sedangkan untuk menguji hipotesisnya menggunakan uji t dan uji f. Berdasarkan analisis data secara statistik, semua indikator pada penelitian ini dinyatakan valid dan semua variabel dinyatakan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi dinyatakan telah memenuhi uji linieritas, bebas multikolineritas, tidak terjadi heterokedastisitas, dan terdistribusi secara normal.  Berdasarkan hasil perhitungan Analisis Regresi Linier Berganda, diperoleh persamaan regresi (Y = 3,721 + 0,282+ 0,182 + 0,706) dan menunjukkan bahwa koefisien determinasi (adjusted  sebesar 0,49. Artinya variabel Loyalitas Konsumen iPhone dijelaskan sebesar 49% oleh variabel Perceived Value, Citra merek, dan Gaya Hidup. Hasil Uji menunjukkan terdapat variabel perceived value, citra merek, dan gaya hidup mempunyai pengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen produk iPhone. Hasil uji parsial, variabel perceived value dan gaya hidup mempunyai pengaruh yang signifikan dan variabel citra merek memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen produk iPhone.

 

Kata Kunci  :   Perceived Value, Citra Merek, Gaya Hidup, dan Loyalitas

Konsumen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.