PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, KEPERCAYAAN, AKSESIBILITAS, DAN POPULARITAS TERHADAP MOTIVASI BERSEDEKAH MELALUI KOMUNITAS SOSIAL ( STUDI KASUS DI KOMUNITAS KETIMBANG NGEMIS MALANG)

M. Anindhita lintang Muzacky

Abstract


Fenomena komunitas sosial yang berfokus pada pengumpulan dan penyaluran sedekah baru-baru ini mulai banyak bermunculan. Keberadaan komunitas sosial ini sangat membantu para donatur dalam penyaluran sedekahnya agar tepat sasaran dan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam bersedekah. Efisiensi, efektifitas, dan sasaran penyaluran sedekah menurut skala prioritas juga akan tercapai. Kebiasaan masyarakat bersedekah secara langsung sebaiknya dialihkan melalui komunitas sosial yang berfokus pada penyaluran sedekah ini. Tetapi, banyak faktor yang mendorong calon donatur memilih bersedekah melalui komunitas sosial. Motivasi donatur dalam menentukan sebuah pilihan tentunya tidak asal saja, tetapi memiliki konsepsi berupa faktor-faktor yang melatarbelakangi pilihan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas, kepervayaan, aksesibilitas, dan popularitas terhadap motivasi bersedekah melalui komunitas sosial. Penelitian ini mendapatkan data 71 responden yang telah bersedekah melalui komunitas Ketimbang Ngemis Malang. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan SPSS ver 13.0. Dan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas, kepervayaan, aksesibilitas, dan popularitas terhadap motivasi bersedekah melalui komunitas sosial digunakan alat analisis regeresi dengan dibantu SPSS ver 20.0. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat empat variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi bersedekah melalui komunitas yaitu pengetahuan, religiusitas, kepercayaan, aksesibilitas. Variabel popularitas berpengaruh secara tidak signifikan terhadap motivasi bersedekah melalui komunitas sosial. Berdasarkan pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel kepercayaan mempunyai nilai koefisien beta yang paling besar. Sehingga variabel kepercayaan mempunyai pengaruh yang paling dominan dibandingkan dengan variabel bebas lainnya, maka variabel kepercayaan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap motivasi bersedekah melalui komunitas.

Kata kunci: Sedekah, Motivasi, Pengetahuan, Religiusitas, Kepercayaan, Aksesibilitas, Popularitas, Komunitas Sosial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.