Analisis Pengaruh Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Food&Beverages di BEI Tahun 2012-2016

Eka Wisudyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara rasio keuangan yang terdiri dari current ratio, net profit margin (NPM), dan debt to equity (DER) baik secara simultan maupun parsial terhadap harga saham indeks LQ 45 pada tahun 2012 sampai 2016. Sampel penelitian adalah sebanyak 2 perusahaan yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang sahamnya tetap bertahan di indeks LQ 45 selamat ahun 2012 hingga 2016.

Metode yang digunakan adalah regresi data panel dengan menggunakan model fixed effect. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara parsial variabel current ratio dan earning per share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan return on asset (ROA),return on equity (ROE), net profit margin (NPM), dan debt to equity (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Kata Kunci : Harga Saham, Rasio Keuangan, Current ratio, Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity(DER)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.