IDENTIFIKASI MODAL SOSIAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA (Studi Kasus Pada Kampung Wisata Keramik Dinoyo, Kota Malang)

ARDIANSYAH S

Abstract


Kampung wisata keramik Dinoyo merupakan salah satu sektor penting untuk menunjang sektor pariwisata dan pendapatan daerah Kota Malang. Perlu adanya suatu jaringan sosial diantara para pedagang dan pengrajin sebagai penguatan usaha untuk menghindari adanya persaingan dan terjadinya konflik. Penelitian ini mengenai implikasi modal sosial (jaringan, timbal balik, kepercayaan, norma, nilai, dan tindakan proaktif) terhadap pengembangan usaha di kampung wisata keramik Dinoyo. Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan Fenomenologis. Jaringan lah yang paling berperan dalam pengembangan usaha di kampung wisata keramik Dinoyo Kota Malang. Jaringan sebagai salah satu unsur modal sosial di sentra keramik dinoyo yang dapat memfasilitasi terjadinya komunikasi dan interaksi.

Kata Kunci: Modal Sosial, Sentra Industri, Proses Pengembangan Usaha



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.