ANALISA PENETAPAN HARGA JUAL BERDASARKAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI (STUDI KASUS PADA UMKM BLACKPINK APPAREL MALANG)

Muhammad Ilmam Faqih

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting untuk mengembangkan kegiatan perekenomian suatu negara. Namun dalam perkembangannya UMKM mengalami kesulitan untuk tetap bertahan menghadapi persaingan usaha. Seperti yang terjadi di salah satu UMKM kota Malang yaitu Blackpink Apparel yang mengalami kesulitan untuk berkembang dikarenakan minimnya sumber daya manusia yang terampil dalam bidang akuntansi dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana Blackpink Apparel dalam menentukan harga jual dan harga pokok produksi serta memberikan rekomendasi perhitungan yang sesuai dengan ilmu akuntansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Blackpink Apparel dalam menentukan harga pokok produksi masih belum maksimal dikarenakan adanya biaya-biaya produksi yang seharusnya dipertimbangkan namun tidak diperhitungkan. Sehingga, harga jual produk yang ditentukan terlalu rendah dari yang seharusnya yang berakibat pada menurunnya laba yang dapat diperoleh. Oleh karena itu, perbaikan metode perhitungan harga pokok produksi pada Blackpink Apparel akan sangat berguna dalam penentuan harga jual produk dan penentuan laba yang diharapkan.

Kata Kunci : UMKM, Biaya Produksi, Harga Pokok Produksi, Harga Jual


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.