FRAUD DAN PENCEGAHANYA BERDASARKAN PERSEPSI MANAJEMEN KOPERASI SIMPAN PINJAM (Studi Kasus koperasi simpan pinjam Nasari Malang)

Archaitra Imantaka Dewangga

Abstract


Pemahaman yang baik mengenai fraud dan pencegahannya merupakan langkah awal dalam melindungi sebuah organisasi dari dampak yang ditimbulkan oleh fraud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman para manajemen koperasi simpan pinjam Nasari Malang terhadap fraud beserta pencegahannya sebagai upaya dalam melindungi koperasi simpan pinjam Nasari Malang dari tindakan fraud. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penggunaan teknik wawancara mendalam (in-depth interview) untuk mendapatkan persepsi dan pemahaman dari para informan terkait fraud dan pencegahannya. Informan dari penelitian ini adalah pihak pembuat serta pihak yang bertanggung jawab atas laporan keuangan dari manajemen koperasi simpan pinjam Nasari Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukan  bahwa   pemahaman   manajemen   koperasi   simpan   pinjam   Nasari mengenai fraud sudah dapat dikatakan cukup baik, namun dalam pemahaman mereka mengenai pencegahan dan pendeteksian fraud masih belum dapat dikatakan baik. Kurangnya pemahaman dalam pencegahan dan pendeteksian fraud bisa menjadi sebuah celah bagi tindakan fraud yang membahayakan.

Kata kunci: Persepsi, fraud, pencegahan fraud, koperasi simpan pinjam, koperasi,   manajemen koperasi simpan pinjam, manajemen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.