Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Opini Audit Going Concern ( Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2015)

Emrat Dwi Prayogi

Abstract


Tujuan dari penelititan ini adalah untuk menguji pengaruh dari kondisi keuangan perusahaan, ukuran perusahaan, dan opini audit tahun sebelumnya terhadap opini audit going concern. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2015. Terdapat 94 perusahaan manufaktur yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini berdasarkan proses sampling dengan metode purposive sampling. Dari 94 perusahaan tersebut, 14 perusahaan mendapatkan opini audit going concern, sementara   80   perusahaan   lainnya   tidak   mendapatkannya.  Pengujian   hipotesis   dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi keuangan perusahaan yang diproksikan dengan Altman Model berpengaruh secara negatif terhadap opini audit going concern dengan nilai signifikansi sebesar 0,039 dan koefisien negatif sebesar 1,641. Pada variabel opini audit tahun sebelumnya juga berpengaruh secara positif terhadap opini audit going concern dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefisisen positif sebesar 4,616, sementara ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini  audit  going  concern  dengan  nilai  signifikansi  sebesar  0,680  dan  koefisien  negatif sebesar 0,111.

Kata Kunci : going concern, kondisi keuangan perusahaan, ukuran perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, opini audit going concern


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.