PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

Ismatul Maula

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen modal kerja perusahaan terhadap profitabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori yang menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel. Populasi penelitian sebanyak 143 perusahaan dan sampel yang diteliti 17 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur  sektor  barang  konsumsi  dari  Bursa  Efek  Indonesi  periode  2012-2015. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linear berganda. Variabel independen dalam penelitian adalah perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan, dan perputaran modal kerja. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan Net Profit Margin (NPM).

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan perputaran kas, perputaran  piutang,  perputaran  persediaan dan  perputaran  modal  kerja  berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Secara parsial perputaran kas dan perputaran persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Perputaran piutang berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan arah positif dan perputaran modal kerja berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan arah negatif. Dari variabel tersebut salah satu yang berpengaruh dominan pada profitabilitas perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi adalah variabel perputaran piutang.

Kata Kunci: Profitabilitas, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan, dan perputaran modal kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.