PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF FINANSIAL DAN NON FINANSIAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Koperasi Simpan Pinjam Karya Tani Kabupaten Malang)

Okky Abdi Susanto

Abstract


Koperasi Simpan Pinjam Karya Tani merupakan salah satu Koperasi yang terletak di Kabupaten Malang, yang memiliki 38 karyawan dan kegiatannya hanya usaha simpan pinjam. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yang menggunakan variabel dependen dan variabel independen. Oleh karena jumlah populasi kecil, maka sampel yang digunakan adalah seluruh populasi. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F,  uji t dan uji dominan. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada,  pengujian secara simultan dan parsial memberikan kesimpulan bahwa dari kedua variabel yang terdiri dari Insentif Finansial dan Insentif Non Finansial berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Uji dominan menunjukkan bahwa variabel insentif finansial berpengaruh dominan. Dilihat dari nilai Adjust R Square yang diperoleh, maka variabel insentif finansial dan insentif non finansial memiliki pengaruh sebanyak 70,9% dalam mempengaruhi kinerja karyawan, sedangkan sisanya 29,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Insentif finansial, insentif non finansial, kinerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.