ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PERSAINGAN CAFÉ DI KOTA MALANG (Studi Kasus Pada Vosco Coffee Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Vosco Coffee Malang sebagai dasar perumusan analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal untuk menghasilkan strategi bersaing yang tepat untuk diterapkan oleh Vosco Coffee Malang.
Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi berperan serta. Analisis strategi bersaing dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap input, tahap pencocokan dan tahap keputusan. Tahap input terdiri dari matriks EFE, matriks IFE, analisis Lima Kekuatan Porter, dan matriks CPM yang menjadi input utama. Tahap pencocokan terdiri dari matriks IE dan analisis SWOT yang akan mengkasilkan berbagai alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Tahap keputusan terdiri dari matriks QSPM yang membantu dalam pemilihan alternatif strategi yang cocok untuk kondisi café saat itu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa café berada pada kondisi yang cukup baik dibanding dengan posisi pesaing yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Café diharapkan mampu memanfaatkan peluang dan mengantisipasi ancaman serta mampu mempertahankan dan meningkatkan kekuatan serta meminimalisir kelemahan yang dimiliki oleh café. Alternatif strategi yang paling tepat untuk dapat digunakan oleh Vosco Coffee Malang adalah penetrasi pasar dengan dengan memanfaatkan keunggulan kompetitif berupa produksi biji kopi sendiri yang dimiliki untuk dipasarkan ke café pesaing sebagai calon pelanggan potential
Kata kunci : strategi bersaing, matriks EFE, matriks IFE, matriks CPM, matriks IE, analisis SWOT, matriks QSPM
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.