Analisis Strategi Pada UKM Ironclad Denim dengan Menggunakan Metode Business Model Canvas

Hadyan farizan

Abstract


Penulisan penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bagi UKM ‘Ironclad Denim” degan menggunakan pendekatan business model canvas (BMC) dan model bisnis Un-bundling. Serta untuk mengetahui keadaan internal dan eksternal dengan menggunakan kanvas yang dimiliki oleh business model canvas (BMC) yang terdiri dari 9 blok dan model bisnis Un-bundling yang terdiri dari 3 jenis bisnis inti.

Dalam penelitian ini, digunakan teknik triangulasi untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama tetapi dengan menggunakan teknik yang berbeda. Tiga metode yang berbeda yaitu wawancara secara langsung dan tak langsung, kemudian melakukan observasi kelapangan, dan yang terakhir adalah dokumentasi

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa UKM Ironclad Denim cocok menggunakan salah satu strategi dari Model Bisnis Un-bundling, yaitu Model Bisnis Hubungan Pelanggan, yang berarti perusahaan harus mampu mencari pelanggan sebanyak mungkin dan melayani mereka dengan baik.

Kata Kunci : analisis strategi, business model canvas (BMC)

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.