PENGARUH STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN STUDI PADA KARYAWAN PERUSAHAAN DAERAH AUR MINUM KOTA MALANG

Vito Pamungkas

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis  pengaruh dari stres kerja dan lingkungan kerja pada produktivitas karyawan secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh terhadap produktivitas karyawan PDAM Kota Malang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research untuk mengetahui tinggi rendahnya stres kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas karyawan. Dalam penelitian ini menggunakan sample sebanyak 193 karyawan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolineritas, dan uji heterokedastisitas, kemudian untuk pengujian hipotesis digunakan uji F dan uji t. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas. Lingkungan kerja juga berpengaruh secara parsial pada penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan pengaruh positif terhadap produktivitas kerja jadi perusahaan harus menjaga tingkat stres kerja yang ada dan meningkatkan lingkungan kerja agar produktivitas kerja semakin meningkat.

Kata kunci: Stres kerja, Lingkungan Kerja, Produktivitas Kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.