ANALISIS PENGARUH VARIABEL STRUKTUR EKONOMI, TINGKAT PARTISIPASI ANGKATAN KERJA, KREDIT INVESTASI, DANA ALOKASI UMUM DAN BELANJA MODAL TERHADAP KETIMPANGAN PEMBANGUNAN ANTAR PROVINIS DI INDONESIA

Feiruz Niswah

Abstract


Ketimpangan pembangunan merupakan masalah yang kompleks dan bersifat multidemansional dalam proses pembangunan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor struktur ekonomi, tingkat partisipasi angkatan kerja, kredit investasi, dana alokasi umum dan belanja modal terhadap ketimpangan pembangunan antar provinsi di Indonesia.Metode yang digunakan adalah panel dana menggunakan data sekunder, data dengan pendekatan efek tetap (Fixed Effect Method) dan dummy wilayah. Penggunaan dummy wilayah dalam penelitian ini adalah untuk melihat variasi tingkat ketimpangan pembangunan antar 33 provinsi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada alpha 5 persen variabel pdrb sektor industri dan jasa, tingkat partisipasi angkatan kerja, dan kredit investasi berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pembangunan antar provinsi di Indonesia. Sedangkan variabel pdrb sektor pertanian, dana alokasi umum dan belanja modal tidak berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pembangunan antar provinsi di Indonesia.

Kata kunci: Ketimpangan pembangunan antar provinsi, struktur ekonomi, tingkat partisipasi angkatan kerja, kredit investasi, dana alokasi umum, belanja modal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.