ANALISIS KETERKAITAN PERDAGANGAN INDONESIA – ASEAN 4 TAHUN 2005-2014

Authors

  • Rosa Maghfiroh Ayuning Pamungkas

Abstract

Dalam penelitian ini membahas mengenai keeratan perdagangan antara Indonesia dengan ASEAN 4 sebagai upaya untuk mencari pangsa pasar baru yang potensial bagi Indonesia demi meningkatkan ekspor Indonesia serta daya saing Indonesia di mancanegara. Keeratan perdagangan antara Indonesia dengan masing-masing negara ASEAN 4 diukur menggunakan model gravitasi perdagangan dengan faktor penentunya antara lain jumlah nilai perdagangan Indonesia, GDP Indonesia, GDP masing - masing negara ASEAN 4, dan jarak yang disubtitusi menggunakan biaya perdagangan Indonesia yang diperoleh dengan metode data sekunder dari BPS Indonesia dan World Bank, mulai tahun 2005-2014. Penelitian ini menggunakan acuan dari teori Krugman-Obstfeld dalam perdagangan Internasional yang diperkuat dengan teori Country Similarity oleh Steffan Linder dalam penentuan negara yang berpotensi sebagai partner dagang melalui aspek non-ekonomi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Filipina memiliki tingkat keeratan yang tinggi dengan Indonesia melalui faktor non-ekonomi karena adanya persamaan preferensi antara Filipina dengan Indonesia.

Kata kunci: Perdagangan Internasional, Keeratan Perdagangan, Gravity Model, Indonesia-ASEAN4

Downloads

Published

2017-09-18

Issue

Section

S1 ILMU EKONOMI