SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PENGELOLAAN PERSEDIAAN DI TOKO TANABANG JILBAB MALANG

Gita Apriyandhani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistem pengendalian internal pada pengelolaan persediaan yang berjalan di Toko Tanabang Jilbab Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dengan metode ini, penulis memaparkan fakta-fakta mengenai penerapan sistem pengendalian internal pada pengelolaan persediaan yang berhubungan dengan siklus pembelian dan penjualan barang, kemudian menganalisis dan menginterpretasi data yang diperoleh dengan menggunakan kerangka COSO yang penggunaanya disesuaikan dengan pengendalian internal untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Peneliti menganalisis hasil observasi dan wawancara dengan melakukan coding dan memoing.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal yang dilakukan pada pengelolaan persediaan Toko Tanabang Jilbab Malang masih memiliki kelemahan, oleh karena itu peneliti menyarankan perbaikan prosedur siklus pembelian dan penjualan. Selain itu beberapa kelemahan lainnya antara lain pemilik tidak selalu memeriksa setiap laporan dan catatan yang dibuat oleh pegawai, dokumen (catatan dan laporan) yang digunakan dan dihasilkan masih belum sesuai dengan pengendalian internal yang baik, serta masih terdapat perangkapan wewenang dan tanggung jawab yang dilakukan pegawai. Saran yang diberikan untuk Toko Tanabang Jilbab Malang antara lain menegaskan kembali wewenang dan tanggung jawab masing-masing pegawai, melengkapi dokumen untuk memudahkan penelusuran bukti transaksi, dan penggunaan software untuk mempermudah pengelolaan persediaan barang dagang.

Kata kunci: sistem pengendalian internal, pengelolaan persediaan, siklus pembelian, siklus penjualan, dan Usaha Mikro Kecil Menengah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.